Langsung ke konten utama

Output Device




Hard Copy Devices



Printer

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.



Dalam penggolongan jenisnya printer di golongkan berdasarkan alat mekaniknya yaitu :

1. Impact Printer

2. Non Impact Printer



Sedangkan dalam penggolongan menurut cara cetaknya yaitu :

1. Serial Printer

2. Line Printer

3. Page Printer



1.   Impact Printer

Impact printers adalah jenis printer yang memaksa print heads untuk mentransfer tinta ke media cetak dengan cara print heads menekan tinta sampai menyentuh kertas, mirip dengan cara kerja mesin tik. Impact printer menggunakan print heads yang berisi sejumlah pin metal. Beberapa print heads hanya memiliki 9 pin untuk menghasilkan titik – titik yang akan membentuk karakter. Dan sebagian printer memiliki 24 pin untuk menghasilkan resolusi yang lebih baik. Selain itu jenis printer ini terbatas pada pencetakkannya yang bersifat monochrome dengan huruf tunggal pada setiap waktu cetak. Beberapa tipe dari impact printer Seperti :



a.   Dot Matrix Printer

 



Dot Matrix Printer merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. 



b.  Daisy Wheel Printer

 


Daisy wheel adalah piringan yang terbuat dari plastik atau logam dimana pada setiap ujung dari piringan ini terdapat karakter-karakter. Untuk mencetak karakter, printer memutar piringan sampai huruf yang diinginkan berhadapan tepat dengan kertas. Dan palu langsung menghantam piringan , memaksa karakter untuk menekan tinta, dan meninggalkan bekas tinta di kertas.



Daisy Wheel Printer Menggunakan sebuah roda yang berisi karakter-karakter. Tiap karakter di roda terletak pada sebuah lengan plastik yang dilekatkan pada pusat roda, sehingga berbentuk seperti bunga.



Hasil dari karakter yang tercetak mempunyai kualitas yang baik, sehingga printer ini digolongkan sebagai Letter Quality printer, tetapi mempunyai kelemahan yaitu lebih lambat dibandingkan dengan dot matrix printer



c.       Thimble Printer

 



  

Merupakan Letter Quality printer menggunakan elemen berbentuk thimble yang terdiri dari batangan plastik yang diatur melingkar seperti daisy wheel tetapi batangan tersebut dibengkokkan. Pola dari karakter ada di ujung batangan plastik tersebut.



d.     Chain Printer


 


Mengunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar secara horizaontal dan setelah tepat pada posisi pencetakan, palu pemukul akan mengetuk pola karakter di rantai melalui karbon, bentuk dari karakter akan tercetak di kertas. Chain printer mempunyai kecepatan yang tinggi.



e.     Band Printer


 


Cara operasinya sama dengan chain printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.



f.      Drum Printer


 
  

Yaitu printer yang kumpulan karakternya diletakkan pada permukaan luar suatu drum metal. Tiap-tiap posisi kolom pencetakan terdapat satu lingkaran kumpulan karakter di drum.



Proses pencetakan karakter dilakukan dengan memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkan  dan suatu palu pemukul akan mengetuk karakter tersebut.



2.   Non Impact Printer

Non impact printer bekerjanya dengan mengetuk bentuk dari karakter ke kertas, maka nonimpact printer bekerjanya dengan cara menyemprot kertas dengan tinta. Kelemahan dari nonimpact printer adalah tidak dapat membuat sekaligus beberapa rangkap hasil cetakan.

  

a.   Ink Jet Printer







Ink jet printer merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.



b.     Thermal Printer





Thermal printer (atau direct thermal printer) menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif thermochromic dilapisi kertas, atau kertas termal seperti yang umumnya dikenal, ketika melewati kertas termal print head. Lapisan berubah hitam di daerah-daerah di mana dipanaskan, menghasilkan gambar. Dua-warna langsung thermal printer yang mampu mencetak, baik hitam dan warna tambahan (sering merah), dengan menerapkan dua panas pada temperatur yang berbeda.



c.      Elektrostatic Printer




Electrostatic printer menggunakan kepala cetak yang bersi jarum - jarum besi yang deberi aliran listrik. Cara kerja electrostatic printer sama dengan thermal printer, kecuali keras yang digunakan adalah kertas khusus yang di lapisi dengan alumunium oksida, Electrostatic priter juga tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna - warna.



d.     Thermal Transfer Printer 

 


Thermal transfer printer merupakan printer teknologi panas (Thermal) yang terbaru dan dapat mencetak dalam bentuk warna-warna. Printer ini menggunakan kepala cetak yang dipanasi dan satu karbon yang mengandung partikel-partikel tinta yang diletakkan pada lilin.Jika lilin meleleh, partikel timta akam lepas dan melekat di kertas.



e.     Laser Jet
 


Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.



3.     Serial Printer


 


            Serial printer atau disebut juga dengan nama character printer karena cara mencetaknya adalah suatu karakter tiap saat secaras serial. Yang termasuk serial printer adalah dot matrix printer, daisy wheel printer, thimble printer, inkjet printer, thermal printer, electrostatistik printer dan thermal transfer printer. Kecepatan dari serial printer biasanya dengan satuan cps (character per second atau karater per detik).



D. Line Printer


 


Line printer bekerja dengan cara mencetak satu  baris sekaligus setiap saat. Yang termasu jenis line printer adalah chain printer, band printer dan drum printer. Kecepatan dari line printer bisanya diukur dengan satuan lpm (lines per minute atau baris per menit)



E. Page Printer 



Page printer dapat mencetak satu halaman tiap saat. Yang termsauk page printer adalah laser printer. Kecepatan dari pge printer juga biasanya diukur dengan satuan lpm (lines per minute) atau ppm (pages per minute). Kecepatan dari page printer sangat tinggi bisa mencapai 20000 baris dalam tiap menitnya (20000 lpm), yang berarti sekitar  333 baris tiap detiknya. Misalnya satu baris dianggap terdiri dari 80 kolom karakter, maka 20000 lpm = 333 lps = 26640 cps atau sekitar 88 kali lebih cepat dari kecepatan dot-matrix printer yang mempunyai kecepatan 300 cps.

  

F. Intelligent Printer Controller



        



Intellegent printer controller merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah atau beberapa printer, sehingga sebuah printer dapat digunakan bersama-sama secara otomatis atau dapat dipndahkan antara satu printer dengan printer lain.





Drive Device



1.  Disk Drive


 


Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data blok. Setiap disk logis dibagi ke dalam blok . Blok semua ditangani menggunakan alamat blok logis. Membaca atau menulis ke disk terjadi pada rincian dari blok.



2.  Tape Drive 



   

Membuat salinan data yang besar seperti isi harddisk merupakan masalah besar. Anda tidak akan membutuhkan disket untuk menympan data sebesar 3 Gb. Karena disket tidak mampu menyimpannya. Alternatif yang baik adalah menggunakan DAT ( Digital Audio Tape ) drive. Drive ini menggunakan cartridge tape DAT untuk menyimpan data sebesar 3 Gb. 



3.   LCD


 


Liquid Crystal Display adalah suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refleksinya. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, sebagai contoh: monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel. Pixel adalah satuan terkecil di dalam suatu LCD. Pixel-pixel yang berjumlah puluhan ribu inilah yang membentuk suatu gambar dengan bantuan perangkat controller, yang terdapat di dalam suatu monitor.



4.     LED





  

LED (Light Emitting Dioda) adalah dioda yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapat arus bias maju (forward bias). LED (Light Emitting Dioda)  dapat memancarkan cahaya karena menggunakan dopping galium, arsenic dan phosporus.



Blu-ray





Blu-ray merupakan disk format optik yang dianggap menjadi generasi penerus DVD.



Blu-ray dirancang dengan format high definition (HD) dengan berbagai kemampuan seperti HD video playback, menulis (writing), dan merekam (recording).



Blu-ray menawarkan kemampuan penyimpanan lebih banyak dari DVD biasa. Blu-ray single layer bisa menyimpan data sekitar 25 gigabyte sedangkan blue-ray double layer bisa menyimpan hingga 50 gigabyte.



Video Display



1.   Alphanumeric keys






Alphanumeric keys adalah deretan huruf mulai A-Z, kemudian tombol-tombol angka di bagian atas serta simbol-simbol, tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.



2.   Graphic


 



Graphic adalah desain visual seperti garis, screen, atau karya seni yang memperkaya teks dan tampilan halaman.



3.   Monochrome






Monochrome itu artinya satu warna, dalam fotografi bisa diartikan foto dg gradasi tone yg hanya didasari satu warna dasar tanpa ada warna dasar lain, black & white termasuk dalam kategory monochrome bedanya klo BW itu gradasinya dari putih abu2 ke hitam sementara klo monochromo bisa lebih luas lagi seperti foto dengan gradasi dari putih, biru ke biru tua, contoh foto monochrome itu antara lain foto2 sephia, BW dan masih byk contoh foto2 lainnya.



4.       Color Display


 





Warna monitor untuk mikrokomputer desktop didasarkan pada tabung sinar katoda (CRT) atau  teknologi layar datar. Karena monitor mengirimkan cahaya, menampilkan menggunakan merah-hijau-biru (RGB) model warna aditif.



5.    Computer Display Projektor


 



Proyektor adalah sebuah alat untuk membuat proyeksi. Biasanya digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran, perkantoran, maupun sebagai sarana entertaintment. Dalam kegiatan pembelajaran dan perkantoran sering digunakan sebagai sarana presentasi (memproyeksikan atau memperbesar bahan presentasi dari laptop atau personal computer ke layar/screen).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brainstorming Produk Unggulan

1.       Pilih 10 (sepuluh) dari sekian banyak gagasan usaha dan produk yang telah Anda Identifikasi! 2.    Kesepuluh gagasan yang anda pilih tersebut adalah gagasan usaha yang dirioritaskan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan lingkungan eksternal, misalnya: potensi pasar (lokal, nasional, dan global), ketersediaan bahan baku, ketersediaan teknologi dan tenaga kerja, kebijakan pemerintah, dan sebagainya.       Jawab :          3.  Kemudian tuliskan uliskan kesepuluh jenis gagasan tersebut beserta pertimbangan-pertimbangan memilih usaha tersebut!              Jawab :     4 .       Lanjutkan dengan melakukan analisis lanjutan melalui pembobotan. Setidaknya pilih 3 (tiga) dari 10  (sepuluh) gagasan usaha. 5.       Untuk memilih ketiga gagasan usaha tersebut, di bawah ini disediakan matriks. Pengajar menyampaikan bahwa mahasiswa cukup memberi bobot penilaian sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah keterangan bobot d

Penerjemahan Berbantuan Komputer (Tugas 1 : Kebudayaan)

Indonesia’s rich culture manifests itself in many aspects of its heritage — performance arts, handicrafts, customs, ceremonies, even traditional costumes. Dating back centuries ago, Indonesians are still proud to wear their traditional attire, especially during special occasions. Take a look at Indonesia’s traditional dress in all its elegance.   The National Dress Just like its diverse culture, Indonesia also has many different traditional attire. But perhaps the most important of all is batik and kebaya . These costumes originally belong to the cultures in Java and Bali, but the prominence of these regions in the country’s advancements and politics have given them cultural dominance as well. In some cultures, the traditional dress are reserved only to royals and influential families or special occasions, which explains the detailed and extravagant details. Even so, many are now adapted into everyday use.   Batik Batik is a cloth with intricate patterns made using tra

Task 6: Negotiation in Business Communication

Negotiation in Business Communication 1. What is negotiation?     Negotiation is a  dialogue   between two or more people or parties intended to reach a beneficial outcome over one or more issues where a conflict exists with respect to at least one of these issues.  It is aimed to resolve points of difference, to gain advantage for an individual or  collective , or to craft outcomes to satisfy various interests. It is often conducted by putting forward a position and making small concessions to achieve an agreement . 2. What are the negotiation styles? Explain      Five negotiation styles :                    1. Avoiding Primarily concerned with avoiding intra-personal conflict Is useful when the the stakes of a negotiated outcome are not worth the investment of time or the       potential for igniting conflict Characterized by sidestepping, postponing, and ignoring the issue or situation Effective when avoidance of the situaton or issue does not