Langsung ke konten utama

Skill Wajib untuk Kuliah


Gak niat baca artikel jadi niat bikin artikel...

Saya pernah membaca sebuah twit di Timeline akun twitter saya, yang isinya “Skill Wajib untuk Bekal Kuliah” dan twit tersebut menautkan sebuat situs. Karena saya seorang mahasiswa, dengan penuh rasa penasaran saya pun langsung mengklik tulisan biru tersebut dan masuk pada sebuah situs yang berjudul Skill Wajib untuk Bekal Kuliah sama seperti yang saya baca di time line. Secara perlahan saya membaca artikel tersebut baris demi baris. Awalnya saya penasaran karena pada awal artikel tersebut dituliskan Kita wajib menguasai beberapa skill dasar sebagai bekal kuliah; apalagi jika berencana kuliah di luar kota dan jauh dari keluarga. Tetapi ketika saya membaca secara lanjut, masuk ke point demi point skill apa saja yang wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa.  Anda tahu hal apa saja itu? Baik dengan sangat menyesal saya akan memberi tahu kalian. Hal tersebut diantaranya :

1. Mencuci

Mulai sekarang, coba deh, belajar mencuci di rumah baik menggunakan mesin cuci atau manual dengan tangan. Kemampuan ini penting dimiliki karena tidak semua rumah kos memiliki fasilitas laundry. Selain itu, mencuci sendiri juga akan menghemat pengeluaran kita.

2. Menyeterika dan merapikan baju

Setelah baju-baju bersih, maka kini saatnya belajar menyeterika dan merapikan baju. Mulai saja dengan pakaian-pakaian rumah seperti kaos dan celana pendek. Jika sudah menguasai kemampuan menyeterika, maka baju kuliah kita akan senantiasa rapi.

3. Memakai dasi

Nah, kemampuan ini biasanya diperlukan mahasiswa laki-laki. Siapa tahu ada acara kampus yang mengharuskan kita memakai pakaian resmi lengkap dengan dasi.

4. Parkir secara paralel

Terkadang, kampus seperti mal yang tidak memiliki lahan cukup untuk parkir sehingga kita harus memarkir kendaraan secara paralel.

5. Memulai percakapan

Ketika kecil, orangtua kita sering melarang berbicara dengan orang asing. Nasihat ini ada benarnya. Tetapi, sebagai mahasiswa, kini saatnya kita belajar memulai percakapan dengan orang asing mengingat banyaknya teman baru dari berbagai daerah. Jadi, terbukalah, tersenyum dan bersiap membuka percakapan dengan mahasiswa baru lainnya di kampus.

6. Pola makan sehat

Karena kita tidak akan memiliki akses kepada makanan sehat buatan ibunda di rumah, maka mulai sekarang saatnya membiasakan diri dengan pola makan sehat. Seimbangkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sesuai prinsip empat sehat lima sempurna.

7. Teratur

Mahasiswa yang sukses adalah mereka yang teratur dan mempersiapkan diri dengan baik. Saat ini sudah banyak aplikasi pada smartphone yang dapat membantu kita mengatur berbagai jadwal kuliah, tugas dan kegiatan lain.

8. Belajar

Tantangan akademis selama kuliah bisa jadi sangat besar. Sayangnya, tidak banyak mahasiswa yang tidak mengetahui cara belajar efektif. Mulai sekarang, cari tahu metode belajar apa yang paling sesuai dengan diri kita agar hasilnya maksimal.

Source : http://news.okezone.com/read/2014/12/26/65/1084163/skill-wajib-untuk-bekal-kuliah?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

Bagaimana, apakah kalian puas dengan jawaban di atas ? Mungkin kalian merasakan hal yang sama dengan saya. Semua hal diatas memang benar tetapi saya yakin itu belum menjawab rasa penasaran kalian bukan? Jangan khawatir karena setelah membaca artikel tersebut, saya termotivasi untuk memberi kalian sedikit pencerahan mengenai skill apa saja yang wajib dimiliki sebagai bekal kuliah. Semua ini berdasarkan pengalaman saya selama beberapa bulan di dunia perkuliahan :D, karena kenangan semasa sekolah masih hangat dalam ingatan.

1. Skill untuk mengatur waktu dengan baik

Jika kalian sering melihat kisah anak kuliah di televisi yang biasanya hanya senang-senang dan terkesan bebas, kalian harus membuang jauh-jauh harapan tersebut. Awalnya saya juga berfikir bahwa kuliah itu bebas, ternyata salah. Dan jangan kalian samakan dengan sekolah. Karena ketika kuliah, kita akan lebih sibuk (soal tugas tepatnya). Kita harus bisa mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai karena kita terlalu sibuk dengan urusan kuliah, kita mengabaikan kesehatan kita dan juga waktu kita bersama keluarga. Tetapi katanya sih itu karena saya masih kelas 1, kalau udah kelas 2 katanya akan lebih sedikit jadwal kuliahnya.

 2. Skill untuk selalu update dalam berita 

Seorang mahasiswa harus kritis dalam menanggapi semua keadaan yang ada di sekitarnya. Jangan sampai seorang mahasiswa kudet (kurang update). Mahasiswa adalah generasi penerus harapan bangsa yang terkenal dengan kekritisannya dan ide-idenya yang cemerlang. Lebay yah ? Ups sorry 

3. Skill untuk bertanggung jawab

Ya bertanggung jawab karena setelah kuliah disinilah seseorang akan mengalami situasi yang sangat membingungkan atau yang biasa disebut galau. Ada yang memiliki keingininan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, ada yang memilih untuk bekerja karena sudah bosan/lelah kuliah, bahkan ada yang ingin langsung duduk di pelaminan (khusus mereka yang sudah memiliki pasangan yah). Semua itu tentunya membutuhkan tanggung jawab yang lebih. Karena tugas mereka akan lebih berat, terutama bagi mereka yang akan menikah hehe.

4. Skill untuk berkomunikasi dengan baik

Biasanya di kampus kita akan bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang yang beragam, seperti Agama, bahasa, daerah asal, latar belakang ekonomi yang berbeda, dsb. Tetapi hal itu tidak boleh menghalangi kita untuk berkomunikasi dengan mereka. Di sinilah kemampuan komunikasi sangat diperlukan. Bagaimana caranya kita bisa berkomunikasi baik dengan mereka tanpa membuat mereka tersinggung atau yang lainnya.

5. Skill untuk mengatur keuangan dengan baik 

Hal ini adalah hal yang sangat penting bagi saya, karena sebagai mahasiswi saya sadar biaya kuliah itu tidaklah murah. Karena kalau murah saya yakin pasti banyak teman-teman saya sewaktu SMA yang melanjutkan kuliah. Mungkin kata yang lebih tepat adalah irit. Dan tidak sedikit mahasiswa/mahasiswi yang memilih untuk kerja part time (paruh waktu) untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saya yakin alasan mereka pasti sama yaitu untuk meringankan beban orang tua. Apalagi bagi mereka yang ngekost, mereka harus bisa mengatur keuangan mereka dengan teliti karena kalau tidak bisa-bisa uang mereka habis sebelum tanggal pengiriman hehe. Bahkan ada yang memilih untuk berpuasa juga loh ;D

Semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brainstorming Produk Unggulan

1.       Pilih 10 (sepuluh) dari sekian banyak gagasan usaha dan produk yang telah Anda Identifikasi! 2.    Kesepuluh gagasan yang anda pilih tersebut adalah gagasan usaha yang dirioritaskan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan lingkungan eksternal, misalnya: potensi pasar (lokal, nasional, dan global), ketersediaan bahan baku, ketersediaan teknologi dan tenaga kerja, kebijakan pemerintah, dan sebagainya.       Jawab :          3.  Kemudian tuliskan uliskan kesepuluh jenis gagasan tersebut beserta pertimbangan-pertimbangan memilih usaha tersebut!              Jawab :     4 .       Lanjutkan dengan melakukan analisis lanjutan melalui pembobotan. Setidaknya pilih 3 (tiga) dari 10  (sepuluh) gagasan usaha. 5.       Untuk memilih ketiga gagasan usaha tersebut, di bawah ini disediakan matriks. Pengajar menyampaikan bahwa mahasiswa cukup memberi bobot penilaian sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah keterangan bobot d

Penerjemahan Berbantuan Komputer (Tugas 1 : Kebudayaan)

Indonesia’s rich culture manifests itself in many aspects of its heritage — performance arts, handicrafts, customs, ceremonies, even traditional costumes. Dating back centuries ago, Indonesians are still proud to wear their traditional attire, especially during special occasions. Take a look at Indonesia’s traditional dress in all its elegance.   The National Dress Just like its diverse culture, Indonesia also has many different traditional attire. But perhaps the most important of all is batik and kebaya . These costumes originally belong to the cultures in Java and Bali, but the prominence of these regions in the country’s advancements and politics have given them cultural dominance as well. In some cultures, the traditional dress are reserved only to royals and influential families or special occasions, which explains the detailed and extravagant details. Even so, many are now adapted into everyday use.   Batik Batik is a cloth with intricate patterns made using tra

Task 6: Negotiation in Business Communication

Negotiation in Business Communication 1. What is negotiation?     Negotiation is a  dialogue   between two or more people or parties intended to reach a beneficial outcome over one or more issues where a conflict exists with respect to at least one of these issues.  It is aimed to resolve points of difference, to gain advantage for an individual or  collective , or to craft outcomes to satisfy various interests. It is often conducted by putting forward a position and making small concessions to achieve an agreement . 2. What are the negotiation styles? Explain      Five negotiation styles :                    1. Avoiding Primarily concerned with avoiding intra-personal conflict Is useful when the the stakes of a negotiated outcome are not worth the investment of time or the       potential for igniting conflict Characterized by sidestepping, postponing, and ignoring the issue or situation Effective when avoidance of the situaton or issue does not